Kumpulan Artikel Teknologi | Hubungan Teknologi dengan Pendidikan

Diposkan oleh Admin

Teknologi Cerdas Untuk Pendidikan Masa Depan 
Kumpulan Artikel Teknologi | Hubungan Teknologi dengan Pendidikan, Era modern sekarang ini merupakan zaman trennya teknologi, banyak teknologi berkembang pesat dimana-mana, Dinegara kita Indonesia teknologi sangat diminati tentunya ini sangat menguntungkan pasar global untuk menjual produk terbarunya ke Indonesia.
 
Kumpulan Artikel Teknologi | Hubungan Teknologi dengan Pendidikan, technomu.blogspot.com merpakan blog personal saya yang akan membahas mengenai perkembangan teknologi di dunia, ke depan saya akan mengumpulkan artikel-artikel teknologi yang bermanfaat buat sobat baca di rumah,kost,sekolah,warung,perpus dll.

Oke langsung saja saya akan membahas mengenai Hubungan Teknologi dengan Dunia Pendidikan di Indonesia , Salah satu manfaat teknologi adalah sebagai media edukasi atau pembelajaran. Ya, dengan adanya teknologi, sistem penyampaian edukasi menjadi lebih menarik. Sistem pembelajaran dengan konsep teknologi ini dapat kita temui di beberapa taman hiburan atau tempat rekreasi di Indonesia, salah satunya ada di Jawa Timur Park 1 yang terletak di kota Malang. Di sini kita dapat menemukan wahana sejenis Holiday Technology bernama Science Centre Kimia & Biologi. Di wahana ini, terdapat perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berbagai alat peraga yang ada dan bisa langsung digunakan. Selain itu juga ada wahana Outdoor Science Center atau Taman Fisika yang juga menyuguhkan ilmu-ilmu fisika yang dikemas dengan teknologi terkini. Salah satu alat peraga adalah yang cukup menarik perhatian adalah Generator Van de Graff. Dengan menyentuh silinder utama generator Van de Graff ini, maka rambut dan bulu kita akan berdiri. Bagaimana bisa? Generator Van de Graff ini terdiri dari kubah logam, sisir logam bawah dan atas, serta silinder logam dan silinder politena yang dihubungkan oleh sabuk karet(Kumpulan Artikel Teknologi | Hubungan Teknologi dengan Pendidikan)
 
Cara kerjanya adalah dengan menggunakan teknologi kelistrikan yaitu dengan mengalirkan arus listrik dan menggerakkan motor generatornya. Akibatnya silinder politena berputar dan menggerakkan sabuk karet dan membuatnya  bermuatan positif. Muatan positif ini lalu dibawa darii sisir logam bawah ke sisir logam atas hingga menuju kubah yang membuat kubah juga bermuatan positif. Sabuk karet terus bergerak ke bawah lagi dan mengulangi proses yang sama.(Generator Van de Graff)Proses ini terus berlangsung sehingga menghasilkan muatan listrik positif yang banyak di kubah. Hal ini memicu rambut kita menjadi berdiri jika kita memegang generator Van de Graff ini. Alat peraga ini tentu membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam mempelajari ilmu kelistrikan. Secara tidak langsung, siswa bisa menikmati wahana-wahana yang ada sambil mengetahui ilmu muatan listrik.

Kumpulan Artikel Teknologi | Hubungan Teknologi dengan Pendidikan-Keberadaan wahana-wahana ilmu pengetahuan dengan teknologi seperti ini tentunya sangat efektif untuk menunjang pembelajaran siswa. Hal ini bermanfaat sehingga siswa tidak hanya mengerti teori ilmu yang mereka pelajari, namun juga dalam hal praktek langsung. Selain itu, siswa tentu menjadi lebih semangat dan gembira karena wahana-wahana ini juga bisa digunakan untuk refreshing dan bermain. Wahana-wahana ini sebenarnya juga tidak hanya menarik bagi anak-anak kalangan pelajar saja, orang dewasa juga bisa menikmati kecanggihan teknologi yang dipadu dengan ilmu pengetahuan ini. Dan tentunya keberadaan wahana-wahana ini bisa dijadikan destinasi alternatif saat hari libur tiba karena selain bisa refreshing, kita juga bisa belajar dan menambah wawasan yang ada.

Selain wahana-wahana yang ada di tempat rekreasi, teknologi media pembelajaran sebenarnya juga bisa dilakukan di sekolah-sekolah. Sistem yang dilakukan bisa melalui sistem pembelajaran online ataupun media interaktif. Sistem pembelajaran dengan teknologi seperti ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah-sekolah favorit.

Sistem online atau E-Learning mungkin yang paling sering digunakan. Dengan ini guru tak harus bertatap muka dengan siswa-siswa untuk menyampaikan materinya. Cukup megirim tugas lewat email atau memasang informasi di web, siswa akan dapat membukanya lewat komputer dengan koneksi internet, baik di sekolah maupun saat di rumah. Selain itu, peran jejaring sosial juga tidak bisa dianggap remeh. Jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter juga bisa berperan sebagai tempat sharing ilmu dan diskusi, sehingga pembelajaran tidak hanya dilakukan di sekolah saja.


Sedangkan untuk pembelajaran lewat media interaktif, kita bisa memanfaatkan fasilitas LCD proyektor dengan menggunakan file PDF, presentasi Power Point atau animasi Flash untuk menyampaikan materi yang dipelajari. Tentu siswa tidak akan mudah bosan dengan sistem belajar tersebut dibanding ketika guru menerangkan materi dengan panjang lebar di depan kelas. Kita juga bisa memanfaatkan perangkat multimedia lainnya seperti video, musik dan animasi untuk lebih menarik siswa dalam kegiatan belajar.

Teknologi Cerdas Untuk Pendidikan Masa Depan
(Pembelajaran dengan teknologi LCD proyektor)-Keberadaan wahana-wahana edukasi dan sistem pembelajaran berbasis teknologi ini tentu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Terutama untuk wahana-wahana edukasi teknologi yang akan meningkatkan daya serap siswa akan ilmu yang dipelajari. Namun untuk mencoba wahana-wahana edukasi berbasis teknologi, para pelajar ini harus mengunjunginya di taman rekreasi yang harga tiketnya tidak bisa dibilang murah. Selain itu keberadaannya hanya tersebar di beberapa kota besar saja sehingga tidak semua siswa bisa mencobanya.

Inovasi baru perlu dilakukan untuk mengatasinya dengan menghadirkan wahana-wahana berbasis teknologi ini di sekolah-sekolah atau minimal di tiap-tiap kota. Mungkin ini akan memakan biaya yang cukup besar, namun terkadang investasi dengan dana besar diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

(Salah satu wahana edukasi berbasis teknologi)
-Artikel Teknologi Berkaitan di Dunia Pendidikan,Keberadaan wahana-wahana edukasi yang berbasis teknologi ini tentu akan membuat siswa semakin semangat dalam belajar. Dan jika inovasi tersebut dijalankan, maka tiap siswa di seluruh wilayah bisa memanfaatkan fasilitas wahana edukasi tersebut dengan maksimal. Selain itu, siswa juga bisa mengisi hari liburnya dengan mengunjungi wahana-wahana edukasi ini. Tentu ini lebih bermanfaat dibandingkan tempat-tempat wisata lainnya.

Dengan banyaknya teknologi-teknologi yang bisa digunakan untuk wahana dan media pembelajaran, tentu kita berharap agar dunia pendidikan Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Diharapkan dengan wahana-wahana rekreasi dan wisata yang berbasis edukasi dan sistem pembelajaran yang lebih modern tersebut dapat mencetak individu-individu yang pintar, cerdas, kreatif, dan berkarakter. Dan harapannya tentu saja untuk mewujudkan masa depan pendidikan yang lebih cerah dengan teknologi yang ada dan terus berkembang ini.

Sekian informasi dari technomu.blogspot.com mengenai Kumpulan Artikel Teknologi | Hubungan Teknologi dengan Pendidikan semoga bermanfaat

{ 0 komentar ... read them below or add one }

Poskan Komentar