Tips Merawat Komputer Pribadi/Kantor agar tetap prima

Diposting oleh Admin

Tips Merawat Komputer Pribadi/Kantor agar tetap prima

Langkah Pertama

Bersihkan Body (Cassing, Monitor) anda dengan Kit (Pengkilap Kendaraan Bermotor). Hal ini dilakukan agar Body (Cassing, Monitor) agar tetap mengkilap dan bersih dari debu, hingga akan terlihat seperti baru sepanjang masa.

Caranya : Lap dengan kain basah yang sudah diperas terlebih dahulu, kemudian semprotkan atau oleskan Kit dengan apa saja, ctt jangan menggunakan lidah anda, selain anda akan dikatakan syaraf, mungkin anda juga akan dikatakan family dari species tertentu… setelah itu lap dengan kain kering, sampai hilang bercak kitnya… cling, Body akan terlihat cemerlang.

Langkah Kedua

Periksa dan bersihkan Isi di dalam Komputer anda dari debu (hal ini biasa Blogger lakukan sebulan sekali). Langkahnya, Buka Cassing satu sisi (Biasanya Cassing sebelah kiri kita). Bersihkan Motherboard dari Debu dengan Kuas kecil yang berukuran 1 atau 1,5 Inch, Cabut Ram terlebih dahulu, bersihkan kaki Ram dengan Stip atau koran, bersihkan juga slot Ram  agar sela sela slot Ram di Motherboard anda juga bersih. setelah selesai pasang kembali Ramnya (awas jangan lupa, kalau lupa Komputer anda gak akan beroperasi sampai Kiamat). Nah untuk Lebih Bersih lagi, Anda Bisa membawa Komputer anda ke Outlet Tempel Ban terdekat, Gunakan Kompresor angin, lakukan pembersihan dengan menyemprot perlahan isi dalam computer anda dengan jarak penyemprotan kira2 40cm (jangan terlalu dekat, bisa copot komponen pada Motherboard anda.








Ctt. Kenapa kita harus membersihkan debu ? Ya.. selain membuat komputer itu sebagai sarang laba-laba, debu juga menyimpan panas, sehingga suhu udara didalam komputer anda bertambah, dan ini bias mengurangi Kinerja Komputer anda



Langkah Ketiga

(Masih berhubungan dengan yang Point 2) Bongkar Perangkat Komputer anda, mulai dari Ram, Fan Proccessor, Proccessor serta VGA anda juga lepaskan Kabel Power dari Motherboard. Keluarkan Motherboard anda dan lakukan pencucian dengan Kuas dan Deterjen yang sudah dicampur dengan air (so jangan masukkan ke mesin cuci boss, bias gaswat.. hehe). Setelah Motherboard bersih dari debu yang menempel, keringkan tanpa panas matahari atau bias dikeringkan dengan Hair Drayer, sampai benar benar kering, sambil menunggu Motherboard anda kering, cuci perangkat yang lain, misalnya Fan Proccessor, buka fan (kipasnya dari element pendingin (Aluminium) sampai benar-benar bersih…. Setelah semua kering dengan benar, pasang kembali semua perangkat Komputer anda, dan lihat hasilnya….. Ctt : Perangkat elektronik apa saja, jika terkena air dengan posisi tidak berhubungan langsung dengan Listrik, maka perangkat tersebut tidak akan rusak, asalkan apa bila akan dihingkan kembali dengan arus listrik, perangkat tersebut harus benar-benar kering. (Hal ini Blogger lakukan per enam bulan sekali)


Langkah Keempat

Setelah dari ketiga hal tersebut sudah kita and kerjakan, Lakukanlah Defragment untuk menyusun kembali file-file yang berserakan, anda juga bisa melakukan defragment dengan software Tune Up, Blogger merekomendasikan AVG PC Tuneup Pro 2013 atau  TuneUpUtilities 2013

Langkah Kelima

Udahlah ya, ntah apa lagi yang mau diceritakan, silahkan dicoba !!! Monggo !!.. Jangan Melakukan Tips yang Blogger Buat jika anda tidak bisa menggunakan Logika Anda.

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

harus selalu dirawat, dibersihkan bagian dalam komputernya yang berdebu agar tidak mudah rusak...
alat cuci ultrasonik

Posting Komentar